Mengatasi Gatal pada Kulit Bayi

Perawatan Kulit Bayi

Perawatan Kulit Bayi

Kulit bayi yang lebih tipis dan sensitif memang lebih rentan iritasi, sehingga bayi lebih mudah merasa gatal. Gatal pada kulit bayi bisa disebabkan oleh eksim, reaksi alergi terhadap sabun atau pakaian bayi, alergi makanan, kulit makanan, ataupun gigitan serangga. Simak beberapa langkah sederhana berikut ini untuk membantu Bunda mengatasi gatal pada kulit bayi Bunda:

  1. Mandikan si kecil dengan air dingin atau suam-suam kuku. Bila perlu, gunakan sabun yang lembut. Air yang terlalu panas dan sabun atau shampoo yang terlalu keras akan membuat kulit kering dan kulit menjadi semakin gatal.
  2. Keringkan kulit bayi dengan cara menepuk lembut kulitnya dengan handuk. Jangan gosok kulitnya dengan handuk terlalu kencang, karena hal ini menyebabkan iritasi, kulit kering, dan gatal.
  3. Segera oleskan losion pelembab pada bayi segera setelah mandi, saat dia bangun di pagi hari, dan sebelum tidur di malam hari, agar kelembaban kulitnya tetap terjaga.
  4. Kenakan pakaian yang longgar, halus, dan menyerap keringat pada bayi. Hindari bahan pakaian seperti wol yang bisa menyebabkan gatal.
  5. Jaga agar si kecil merasa tetap sejuk dan hindari perubahan suhu udara yang terlalu drastis. Bila dia merasa gatal, kompres area kulit yang gatal dengan kain lembab yang dingin untuk mengurangi rasa gatalnya.
  6. Potong kuku bayi secara rutin agar kukunya tidak terlalu panjang dan kulitnya tidak menjadi lecet saat digaruk.
  7. Bila gatal bayi muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter anak. Karena bisa jadi gatal pada kulit bayi ini merupakan gejala tambahan dari penyakit yang lebih serius.

Menjaga kelembaban kulit bayi adalah kunci penting dalam mencegah dan menangani gatal pada kulit bayi. Mengoleskan losion pelembab pada kulit bayi pun tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Bunda:

  • Krim pelembab sebaiknya dioleskan paling tidak 2 kali sehari. Krim tetap harus dioleskan bahkan bila kulit bayi tampak tidak gatal. Mencegah jauh lebih mudah daripada mengobati
  • Jangan gosokkan krim pelembab pada kulit bayi dengan kasar. Oleskan krim dengan lembut searah dengan tumbuhnya bulu halus pada kulit bayi.
  • Oleskan krim bila kulit sudah terlihat mulai gatal atau kemerahan, dan segera setelah mandi untuk membantu mengunci kelembaban kulit bayi.
  • Bawa krim pelembab si kecil saat bepergian.
  • Bunda harus tetap merawat kulit si kecil bahkan bila kulit yang gatal tampak sudah mulai sembuh, karena area tersebut masih rentan kambuh kembali selama beberapa minggu setelah sembuh.

Bila perawatan sederhana ini tidak manjur dan kulit si kecil justru semakin parah, sebaiknya Bunda berkonsultasi pada dokter si kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s